Brought to you by: Hariyono N

Tipe dan Karakter Permintaan Konsumen Usaha Jasa Pengetikan

Bermodal sebuah komputer jadul, saya membuka usaha jasa pengetikan kira-kira sepuluh tahun lalu. Sepanjang perjalanan usaha ini, saya menemukan banyak hal yang lucu, unik, dan beresiko dari perilaku konsumen saya.
Ada dua tipe utama konsumen yang menggunakan jasa pengetikan saya, yaitu:
1. Bisa mengetik, tapi malas
Tipe ini umumnya dimiliki oleh para pelaku pendidikan, seperti siswa, mahasiswa, dan guru. Hal ini terjadi karena keengganan mereka mengedit hasil tugas, apalagi jika tugas yang didapat berupa grafik, tabel, rumus dan naskah asing. Akhirnya mereka lebih memilih jasa pengetikan untuk mengerjakannya.
2. Tidak bisa mengetik sama sekali
Jika usaha pengetikan dijalankan di kampung, pasti akan banyak menjumpai tipe konsumen jenis ini. Mereka biasanya adalah masyarakat umum yang berpendidikan rendah, yang belum pernah menyentuh atau bahkan berkenalan dengan komputer sama sekali.
Pada tipe konsumen yang kedua itulah saya menemukan berbagai karakter permintaan yang tak mungkin saya penuhi. Karena kepolosannya, mereka pikir komputer saya dapat melakukan apa saja sesuai permintaan mereka.
Berikut, karakter permintaan lucu, unik, dan bahkan beberapa di antaranya menyerempet kepada tindakan ilegal, dari konsumen jasa pengetikan saya.
  • Meminta mengganti nama pada SIM dan KTP yang keliru.

  • Meminta mengganti jumlah nominal pada rekening tabungan agar dapat dipergunakan untuk melengkapi syarat mendapatkan pinjaman uang.

  • Meminta merekayasa Surat Keterangan Kelakuan Baik, Kartu Keluarga, Ijazah, dan sertifikat.

  • Meminta men-scan­ tanda tangan untuk disalahgunakan.

  • Meminta mengganti warna huruf, gambar, dan bahkan foto sesuai permintaan mereka, pada lembar kertas (brosur, formulir, dll) yang mereka bawa.
Mungkin saja nanti saya akan menemui lebih banyak lagi kasus permintaan unik dan beresiko. Tapi sepanjang usaha dijalankan dengan cara jujur, profesional, dan tentu saja legal, tentu tak perlu khawatir akan resiko yang akan didapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Like Facebook

peluang usaha
Free Website Hosting
peluang usaha