Usaha ini terletak
di Jln. WZ Johanes Ling. IV Kecamatan Wanea Kota Manado. Usaha ini
berhubungan erat dengan Unit Usaha Kecil lainnya, berupa Usaha Air
Pegunungan Warembungan, Usaha Penjualan Penutup Botol & Tissue. Dengan adanya usaha itu, maka Depot Air Minum ISi ulang inipun dapat berjalan.
Air minum isi
ulang ini, terletak dilokasi yang sangat strategis, karena mudah
dijangkau oleh konsumen. Bahkan bukan hanya konsumen sekitar lokasi
usaha, adapun Restoran, Warung Makan, Bahkan salah satu RS di Manado,
telah menjadi pelanggan Depot Air Minum Isi Ulang ini.
Dengan menjalankan
pemasaran melalui “Service Call dan Sms, Situs Jejaring Sosial
Facebook” Kami memasarkan produk kami. Bukan hanya itu saja, Kami bukan
hanya sekedar Usaha yang menunggu Pelanggan untuk membeli, Kami juga
menjalankan Strategi dengan “Menjemput Pelanggan”, Misalnya,
ada pelanggan yang tidak memiliki kendaraan, atau tenaga membawa Galon
Air Isi Ulang, Kami pun menjemputnya dirumah, menggunakan motor sebagai
transportasi pemasaran kami, sehingga dapat memberikan kemudahan dan
kepuasan bagi konsumen.
Seperti yang dikatakan Philip Khotler bahwa pemasaran ‘sebagai memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui pertukaran proses
Dalam pertukaran ini transaksi nasabah hanya akan bertukar apa yang mereka nilai (uang) jika mereka merasa bahwa kebutuhan mereka sepenuhnya puas, jelas semakin besar imbalan yang diberikan nilai transaksi yang lebih tinggi organisasi dapat diisi.
Dalam pertukaran ini transaksi nasabah hanya akan bertukar apa yang mereka nilai (uang) jika mereka merasa bahwa kebutuhan mereka sepenuhnya puas, jelas semakin besar imbalan yang diberikan nilai transaksi yang lebih tinggi organisasi dapat diisi.
Dalam pemasaran,
setiap 3x seminggu, kami mengirim pesan Via Sms, kepada para Konsumen,
baik pelanggan tetap kami, kerabat, dan masyrakat, sekedar mengingatkan “KAMI SIAP MELAYANI” dengan menjemput Galon tersebut.
Hal Penting dalam menjalankan usaha ini, kami juga sering berdiskusi langsung dengan para pelanggan untuk bertanya hal –hal yang perlu diperbaiki dalam usaha ini dengan meminta kririk dan saran, Karena dengan komunikasi yang baik dengan pelanggan, membuat usaha kami belajar dari saran pelanggan dan berusaha memperbaikinya. Itulah STRATEGI PEMASARAN AIR MINUM ISI ULANG AC’QUA FAVOUR.
Hal Penting dalam menjalankan usaha ini, kami juga sering berdiskusi langsung dengan para pelanggan untuk bertanya hal –hal yang perlu diperbaiki dalam usaha ini dengan meminta kririk dan saran, Karena dengan komunikasi yang baik dengan pelanggan, membuat usaha kami belajar dari saran pelanggan dan berusaha memperbaikinya. Itulah STRATEGI PEMASARAN AIR MINUM ISI ULANG AC’QUA FAVOUR.
MANAJEMEN USAHA dari
usaha ini dikelola langsung oleh saya sebagai Owner nya, sehingga saya
dapat mengontrol langsung usaha tersebut, dan berusaha mampu melihat
perkembangannya dan berusaha lebih lagi mengembangkan usaha ini, agar
lebih efektif dan efisien. Seperti pada Sehingga dapat dikelola dengan
baik dengan strategi pemasaran yang ada.
Air Minum Isi Ulang ini, memiliki 2 Sumber Daya Manusia, yang pertama saya sebagai Pemilik, Penanggung Jawab dan Pengelola,
dan 1 orang lagi sebagai karyawan yang siap memasarkannya, dengan
mengantar jemput Galon Air Minum Isi ulang tersebut.
Beranjak dari
ketertarikan saya akan usaha ini, sejujurnya ini merupakan Modal dari
Orang tua saya, dengan kepercayaan dan sekaligus bantuan baik memberikan
modal dan dukungan penuh, akhirnya usaha ini masih mampu berjalan dan
berkembang.
Air Minum Isi
Ulang ini, menggunakan alat – alat / mesin dengan teknologi canggih,
sehingga mampu menjamin kebersihan Air, dan dengan kecanggian teknologi
tersebut, sampai saat ini, tidak ada pengeluhan dari pelanggan/ konsumen
kami.
Selain itu, kami
pun memanfaatkan teknologi Komunikasi untuk pemasaran kami, berupa
Telpon/Hp dan Internet (Facebook), Jaringan ini pun member dampak yang
sangat besar bagi kami, sehingga memperluas dan memperbanyak masyrakat
yang tahu usaha ini, sehingga menjadi pelanggan/konsumen kami.
Kami juga, menggunakan pemanfaatan teknologi transportasi, kami sempat menggunakan Mobil Pick Up untuk memasarkan usaha kami, tapi untuk saat ini, pemasaran (jemput- antar), kami menggunakan motor HONDA KHARISMA, sehingga mempermudah konsumen untuk membeli.
Kami juga, menggunakan pemanfaatan teknologi transportasi, kami sempat menggunakan Mobil Pick Up untuk memasarkan usaha kami, tapi untuk saat ini, pemasaran (jemput- antar), kami menggunakan motor HONDA KHARISMA, sehingga mempermudah konsumen untuk membeli.
Sebelum usaha ini
didirikan, adapun Usaha yang sama telah didirikan, tapi tidak membuat
kami menyerah untuk membuka usaha ini, karena dengan adanya Kompetitor
disekitar kami, Membuat saya lebih bersemangat mengembangkan usaha ini.
Sampai saat ini, sekitar 4 pesaing yang ada disekitar usaha kami.
Adanya pesaing
tersebut, membuat saya sebagai pengelola, lebih giat mencari ide kreatif
dan inovasi baru, sehingaa konsumen lebih memilih membeli di Depot Air
kami. Adapun usaha yang kami lakukan menghadapi para pesaing, misalnya :
- Kami menjual dengan harga lebih murah dari pesaing yang ada disekitar kami.
- Kami memberikan bonus untuk memikat para konsumen, yaitu dengan membeli 8 botol, gratis 1 botol
- Kami menyediakan Jasa Transportasi
- Kami menyediakan Layanan Service Call & Sms./ Layanan Jemput – Antar
Dengan inovasi –
inovasi yang kami lakukan, membuat kami lebih percaya dan berani
memasarkan produk kami. Kunci penting menghadapi pesaing,
JANGANLAH BERPIKIR PESAING SEBAGAI MUSUH USAHA , TAPI BERSAHABATLAH
DENGAN PESAING, SEHINGGA DAPAT SALING BERTUKAR PIKIRAN DALAM MENJALANKAN
USAHA.
Peta Tren bisnis saya adalah
saya jadikan usaha saya sebagai peluang bisnis dengan model bisnis
penjualan langsung dan Penjualan kebuthan pokok karena merupakan
kebutuhan yang sering dicari konsumen, baik masyarakat kelas bawah
sampai menengah keatas. Karena bukan hanya harga yang terjangkau, tapi
juga Kebersihan dan Kesehatan juga dijamin,sehingga tidak diragukan
konsumen. Selain itu, usaha ini juga dapat memajukan
perekonomian bangsa melalui membeli produk yang berhubungan dengan
usaha ini (Air & Penutup Galon) yang diproduksi oleh UKM-UKM yang
ada diManado & sekitarnya. Dan saya bangga, saya boleh berpartispasi
dalam meningkatkan Perekonomian Daerah Prov. Sulawesi Utara, karena
saya boleh memanfaatkan SDA yang ada. Dengan demikian, saya telah
membeli dan memakai produk Indonesia.
1 komentar:
Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
Terima kasih
Terima kasih dan Tuhan memberkati
Ibu Kelly
Posting Komentar