Brought to you by: Hariyono N

Berbisnis Air Galon

Air merupakan kebutuhan pokok ke-2 setelah udara bagi manusia, dengan begitu, manusia sangat membutuhkan air, khususnya Air Minum yang bersih dan higienis. Beranjak dari itulah, saya membuka Usaha Air Minum Isi Ulang. Usaha ini didirikan sejak 8 Agustus 2009.
Usaha ini terletak di Jln. WZ Johanes Ling. IV Kecamatan Wanea Kota Manado.  Usaha ini berhubungan erat dengan Unit Usaha Kecil lainnya, berupa Usaha Air Pegunungan Warembungan, Usaha Penjualan Penutup Botol & Tissue. Dengan adanya usaha itu, maka Depot Air Minum ISi ulang inipun dapat berjalan.
Air minum isi ulang ini, terletak dilokasi yang sangat strategis, karena mudah dijangkau oleh konsumen. Bahkan bukan hanya konsumen sekitar lokasi usaha, adapun Restoran, Warung Makan, Bahkan salah satu RS di Manado, telah menjadi pelanggan Depot Air Minum Isi Ulang ini.
Dengan menjalankan pemasaran melalui “Service Call dan Sms, Situs Jejaring Sosial Facebook” Kami memasarkan produk kami. Bukan hanya itu saja, Kami bukan hanya sekedar Usaha yang menunggu Pelanggan untuk membeli, Kami juga menjalankan Strategi dengan “Menjemput Pelanggan”, Misalnya, ada pelanggan yang tidak memiliki kendaraan, atau tenaga membawa Galon Air Isi Ulang, Kami pun menjemputnya dirumah, menggunakan motor sebagai transportasi pemasaran kami, sehingga dapat memberikan kemudahan dan kepuasan bagi konsumen.
Seperti yang dikatakan Philip Khotler  bahwa  pemasaran ‘sebagai memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui pertukaran proses
Dalam pertukaran ini transaksi nasabah hanya akan bertukar apa yang mereka nilai (uang) jika mereka merasa bahwa kebutuhan mereka sepenuhnya puas, jelas semakin besar imbalan yang diberikan nilai transaksi yang lebih tinggi organisasi dapat diisi.
Dalam pemasaran, setiap 3x seminggu, kami mengirim pesan Via Sms, kepada para Konsumen, baik pelanggan tetap kami, kerabat, dan masyrakat, sekedar mengingatkan “KAMI SIAP MELAYANI” dengan menjemput Galon tersebut.
Hal Penting dalam menjalankan usaha ini, kami juga sering berdiskusi langsung dengan para pelanggan untuk bertanya hal –hal yang perlu diperbaiki dalam usaha ini dengan meminta kririk dan saran, Karena dengan komunikasi yang baik dengan pelanggan, membuat usaha kami belajar dari saran pelanggan dan berusaha memperbaikinya. Itulah S
TRATEGI PEMASARAN AIR MINUM ISI ULANG AC’QUA FAVOUR.
MANAJEMEN USAHA dari usaha ini dikelola langsung oleh saya sebagai Owner nya, sehingga saya dapat mengontrol langsung usaha tersebut, dan berusaha mampu melihat perkembangannya dan berusaha lebih lagi mengembangkan usaha ini, agar lebih efektif dan efisien. Seperti pada Sehingga dapat dikelola dengan baik dengan strategi pemasaran yang ada.
Air Minum Isi Ulang ini, memiliki 2 Sumber Daya Manusia, yang pertama saya sebagai Pemilik, Penanggung Jawab dan Pengelola, dan 1 orang lagi sebagai karyawan yang siap memasarkannya, dengan mengantar jemput Galon Air Minum Isi ulang tersebut.
Beranjak dari ketertarikan saya akan usaha ini, sejujurnya ini merupakan Modal dari Orang tua saya, dengan kepercayaan dan sekaligus bantuan baik memberikan modal dan dukungan penuh, akhirnya usaha ini masih mampu berjalan dan berkembang.
Air Minum Isi Ulang ini, menggunakan alat – alat / mesin dengan teknologi canggih, sehingga mampu menjamin kebersihan Air, dan dengan kecanggian teknologi tersebut, sampai saat ini, tidak ada pengeluhan dari pelanggan/ konsumen kami.
Selain itu, kami pun memanfaatkan teknologi Komunikasi untuk pemasaran kami, berupa Telpon/Hp dan Internet (Facebook), Jaringan ini pun member dampak yang sangat besar bagi kami, sehingga memperluas dan memperbanyak masyrakat yang tahu usaha ini, sehingga menjadi pelanggan/konsumen kami.
Kami juga, menggunakan pemanfaatan teknologi transportasi, kami sempat menggunakan Mobil Pick Up untuk memasarkan usaha kami, tapi untuk saat ini, pemasaran (jemput- antar), kami menggunakan motor
HONDA KHARISMA, sehingga mempermudah konsumen untuk membeli.
Sebelum usaha ini didirikan, adapun Usaha yang sama telah didirikan, tapi tidak membuat kami menyerah untuk membuka usaha ini, karena dengan adanya Kompetitor disekitar kami, Membuat saya lebih bersemangat mengembangkan usaha ini. Sampai saat ini, sekitar 4 pesaing yang ada disekitar usaha kami.
Adanya pesaing tersebut, membuat saya sebagai pengelola, lebih giat mencari ide kreatif dan inovasi baru, sehingaa konsumen lebih memilih membeli di Depot Air kami. Adapun usaha yang kami lakukan menghadapi para pesaing, misalnya :

- Kami menjual dengan harga lebih murah dari pesaing yang ada disekitar kami.
- Kami memberikan bonus untuk memikat para konsumen, yaitu dengan membeli 8 botol, gratis 1 botol
- Kami menyediakan Jasa Transportasi
- Kami menyediakan Layanan Service Call & Sms./ Layanan Jemput – Antar

Dengan inovasi – inovasi yang kami lakukan, membuat kami lebih percaya dan berani memasarkan produk kami. Kunci penting menghadapi pesaing, JANGANLAH BERPIKIR PESAING SEBAGAI MUSUH USAHA , TAPI BERSAHABATLAH DENGAN PESAING, SEHINGGA DAPAT SALING BERTUKAR PIKIRAN DALAM MENJALANKAN USAHA.
Peta Tren bisnis saya adalah saya jadikan usaha saya sebagai peluang bisnis dengan model bisnis penjualan langsung dan Penjualan kebuthan pokok karena merupakan kebutuhan yang sering dicari konsumen, baik masyarakat kelas bawah sampai menengah keatas. Karena bukan hanya harga yang terjangkau, tapi juga Kebersihan dan Kesehatan juga dijamin,sehingga tidak diragukan konsumen. Selain itu, usaha ini juga dapat memajukan perekonomian bangsa melalui membeli produk yang berhubungan dengan usaha ini (Air & Penutup Galon) yang diproduksi oleh UKM-UKM yang ada diManado & sekitarnya. Dan saya bangga, saya boleh berpartispasi dalam meningkatkan Perekonomian Daerah Prov. Sulawesi Utara, karena saya boleh memanfaatkan SDA yang ada. Dengan demikian, saya telah membeli dan memakai produk Indonesia.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
Terima kasih
Terima kasih dan Tuhan memberkati
Ibu Kelly

Posting Komentar

Like Facebook

peluang usaha
Free Website Hosting
peluang usaha