Prospek dan peluang usaha jasa pengiriman barang
sangat bagus namun sebelumnya perlu dilakukan riset yang mendalam. Jasa
Pengiriman Barang – Bidang jasa merupakan bidang yg menawarkan
pelayanan yg mementingkan membantu konsumen dalam berbagai hal. Dalam bidang jasa, kepuasan konsumen menjadi prioritas. Berbagai kemudahan ditawarkan dalam bidang jasa.
Bidang jasa merupakan bidang yg tak akan
pernah mengalami kebangkrutan atau pailit meski dalam kondisi sulit
sebab setiap orang sudah pasti membutuhkan bantuan orang lain dalam
menuntaskan atau menyelesaikan berbagai hal. Jasa pengiriman merupakan
salah satu bidang jasa.
Hal-hal yang perlu dilakukan dalam usaha jaa pengiriman barang adalah sbb:
Tentukan Jenis Item
Peluang bisnis
jasa Pengiriman Barang akan semakin berpotensi apabila Anda bisa
melayani banyak item untuk dikirimkan. Kapasitas penyimpanan kendaraan
Anda akan memainkan peranan besar dalam keputusan ini.
Jika Anda menangani surat-surat,
paket-paket kecil, dan dokumen rahasia, Anda membutuhkan tas berkualitas
tinggi dan tahan air. Jika Anda memutuskan untuk juga melayani jasa
pengiriman untuk item yg lebih besar, seperti makanan, kargo medis,
kargo industri, atau kotak besar lainnya, Anda memerlukan kendaraan yg
bisa menampung semua itu.
Tentukan Daerah Operasi dan Jenis Alat Transportasi yg Akan Digunakan
Apakah Anda akan menggunakan mobil atau
mengandalkan sepeda motor untuk mengangkut barang-barang? Dgn mobil,
Anda dapat mengambil dan mengirimkan barang melintasi kota, sementara
sepeda membatasi Anda ke wilayah operasi yg agak sempit.
Jika Anda berada di pusat bisnis kota yg
ramai dgn banyak firma hukum, bank, dan kantor lain yg dapat mendukung
bisnis Anda, alat transportasi sepeda motor merupakan pilihan terbaik
bagi pemula.
Sebaliknya, jika Anda tidak berada di
pusat kota, bisnis kurir dgn menggunakan mobil adalah suatu keharusan.
Selain itu, mobil bisa menjangkau wilayah yg luas. Semakin luas
jangkauan operasi Anda, maka bisnis akan lebih banyak mendatangkan
keuntungan.
Membuat Bisnis Anda Resmi
Jika Anda benar-benar dalam mencoba
peluang bisnis jasa ini, buatlah bisnis Anda tercatat secara resmi.
Kunjungi instansi pemerintahan terkait untuk mendapatkan izin usaha.
Tentukan Biaya
Tentukan biaya rata-rata, jam
operasional, biaya tambahan, batas Pengiriman Barang dan layanan lainnya
yg ditawarkan. Gunakan ini sebagai titik awal Anda untuk menetapkan
kriteria bisnis Anda.
Sebagai langkah awal, Anda bisa tawarkan
diskon di bawah semua kompetisi Anda untuk mendapatkan pelanggan.
Perlakukan mereka dgn baik karena ini adalah dasar sebuah pelayanan.
Jika mereka puas, mereka pasti akan menggunakan jasa pengiriman Anda
lagi.
Promosikan Bisnis Anda
Beritahu teman dan keluarga, dan bagikan
kartu nama kepada setiap orang yg Anda kenal. Tinggalkan kartu nama di
lokasi seperti pada papan buletin. Anda juga bisa memasang iklan di
koran, atau di buku telepon.
Sebuah website bisa membantu dalam
membangun usaha Anda secara online. Beri konten mengenai daftar biaya,
waktu operasi, wilayah pengiriman, dan semua detail lainnya. Pastikan
situs tersebut memiliki penampilan yg profesional.
Dalam bisnis pengiriman barang banyak
sekali persaingan yang terjadi, karena itu dalam pelayanannya terhadap
public harus-harus memiliki value yang diutamakan antara lain adalah :
1. Kualitas
Namun selain speed, kualitas juga tidak
kalah penting. Tentunya Anda mengirim barang dengan harapan supaya
sampai di tempat tujuan dengan utuh dan selamat, bukan? Oleh karena itu,
maka kualitas disini menjadi penting. Proses yang baik dalam pelayanan
akan menghasilkan kualitas yang sesuai harapan.
Tiki, misalnya menyediakan layanan pengemasan barang khusus untuk paket yang mudah retak maupun pecah.
2. Speed atau kecepatan
Speed adalah salah satu value yang
sangat penting dalam bisnis pengiriman barang. Semakin cepat suatu
barang sampai, maka value-nya semakin tinggi. Oleh karena itu umumnya
suatu brand jasa pengiriman terkenal karena kecepatannya yang dapat
diandalkan. Fedex, misalnya yang sangat terkenal dengan ketepatan
waktunya dan mereka sangat menekankan hal ini dalam layanannya.
3. Promotion
Promosi tentunya sangat penting dalam
membangun awareness dan image produk kepada konsumen. Bukan hanya
promosi above dan below the line saja, namun promosi dari mulut ke
mulut, opini orang lain, juga berpengaruh di industri jasa ini. Oleh
karena itu, kembali ke pelayanan, haruslah baik.
4. People
Salah satu 7P dalam bisnis jasa adalah
People, dan ini adalah salah satu yang terpenting dalam bisnis jasa
manapun. Pelanggan mana yang ingin dilayani dengan buruk? Oleh karena
itu, pelayanan pelanggan yang baik dari para karyawan juga menjadi
sangat penting. Apalagi dalam bisnis pengiriman, sikap dari petugas
pelayanan sangatlah penting.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar