Brought to you by: Hariyono N

Meraup Untung Melalui Investasi Saham Jangka Panjang

Banyak dari kita yang membayangkan ketakutan bila melakukan investasi saham jangka panjang. Ketakutan tersebut biasanya timbul ketika menyaksikan naik turunnya harga saham yang membuat para investor kehilangan uangnya. Sebenarnya, ketika anda memulai investasi jangka panjang, maka naik turunnya harga saham tidak terlalu berpengaruh terhadap investasi yang anda lakukan.
Hal itu terjadi selama perusahaan yang sahamnya anda tanam tetap berkembang secara positif. Untuk lebih meyakinkan anda, silakan baca dan pelajari laporan keuangan perusahaan secara rutin dan berkala.
Banyak statistik yang mengatakan bahwa investasi saham jangka panjang sangat menguntungkan bagi anda. memang tak jarang saham sebuah perusahaan yang meningkat tajam hanya dalam kurun waktu yang tidak lama. sebagai contoh, perusahaan bernama United Tractor, telah berhasil mengalami peningkatan saham secara drastis dimana anga 350, per saham di tahun 2001 meningkat manjadi 29.000 per saham untuk saat ini.
Bila anda tidak menginginkan investasi saham jangka panjang, dan lebih memilih jangka pendek, maka banyak resiko kerugian yang bisa terjadi. sudah banyak contoh dimana para investor merugi akibat turun naiknya saham sebuah perusahaan. Namun hal ini tetap sah-sah saja anda lakukan asal anda berani rugi dan berani mengambil resiko untuk khawatir terus-menerus.
Jika anda berminat investasi jangka panjang maka mulailah sisihkan gaji anda setiap bulan untuk modal investasi saham. Canangkan jangka waktu investasi saham yang ingin anda lakukan. Untuk menentukannya, anda bisa menggunakan rumus 100 – usia.
Misalkan umur anda saat ini 30 tahun, maka 70% investasi anda adalah investasi saham. Semakin umur anda bertambah, maka proporsi investasi saham harus semakin dikurangi dan digantikan dengan investasi yang lebih stabil, agar investasi saham jangka panjang yang dilakukan dapat benar-benar menguntungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Like Facebook

peluang usaha
Free Website Hosting
peluang usaha